Ini penyebab miom rahim yang perlu diwaspadai

Ini penyebab miom rahim yang perlu diwaspadai,- Fibroid rahim atau juga sering disebut miom rahim, adalah tumor yang terbentuk dari faskula otot dan jaringan ikat yang tumbuh di dalam dan di luar organ.

Penyebab miom tidak sepenuhnya dipahami, tetapi pertumbuhan tumor jinak ini dipengaruhi oleh hormon estrogen. Ketidakseimbangan hormon sistem kekebalan sel yang terganggu, serta kecenderungan genetik juga menjadi faktor penting munculnya miom.

Berbagai gejala miom rahim juga tergantung pada lokasi, ukuran, dan kondisi sirkulasi darah di sekitar tumor. Kondisi itu dapat dibagi menjadi tiga gejala: kelainan menstruasi, nyeri, dan gangguan fungsi reproduksi.

Meski ahli medis tidak sepenuhnya memahami penyebab miom rahim, tetapi penelitian dan pengalaman klinis yang telah dilakukan selama ini di dunia kedokteran melihat faktor-faktor di bawah ini sebagai penyebab munculnya miom rahim, seperti dilansir Mayo Clinic:

1. Perubahan genetik

Kebanyakan fibroid/mioma mengandung perubahan dalam gen, yang berbeda dari sel otot rahim yang normal. Ada juga beberapa bukti bahwa miom adalah penyakit keturunan dan kembar identik lebih mungkin mengembangkan mioma dibanding kembar non-identik.

2. Hormon

Estrogen dan progesteron adalah dua hormon yang merangsang perkembangan dinding rahim selama siklus menstruasi dalam persiapan untuk kehamilan. Itu tampaknya juga meningkatkan pertumbuhan fibroid. Fibroid mengandung lebih banyak reseptor estrogen dan progesteron dari sel-sel otot rahim normal. Fibroid juga cenderung menyusut setelah menopause akibat penurunan produksi hormon.

3. Faktor lainnya

Zat yang membantu tubuh mempertahankan jaringan, seperti insulin, juga dapat mempengaruhi pertumbuhan fibroid.

Posted by: pengobataninfeksijantung.dkes.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *